You need to enable javaScript to run this app.

Desain dan Produksi Busana

  • Rabu, 17 Maret 2021
  • Administrator
  • 0 komentar

Kompetensi keahlian Tata Busana pada Kurikulum Merdeka berganti nama menjadi Konsentrasi keahlian Desain dan Produksi Busana.

Tata Busana merupakan suatu disiplin ilmu dan seni mengenai penerapan desain, estetika, dan keindahan alami untuk pakaian dan hiasan tambahannya. Penerapan tata busana dipengaruhi oleh corak budaya dan sosial, yang beragam tergantung pada waktu dan tempat. Di Indonesia, tata busana banyak diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah dimana para murid yang mendalami disiplin ilmu ini diarahkan untuk bisa menjadi ahli atau perancang busana yang bisa merancang pakaian tersendiri dan mengerti selera pasar. Di tingkat pendidikan tinggi, ilmu tata busana atau desain fashion merupakan salah-satu jurusan yang banyak ditawarkan oleh sekolah desain dan seni kepada peminat yang ingin meniti karier dalam industri busana.

Program studi Tata Busana sering juga disebut dengan nama Fashion Design, program studi ini di pelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion. 

Tujuan Tata Busana

  1. Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang produktif, mampu bekerja mandiri dan dapat diserap oleh DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompotensi yang dimilikinya. 
  2. Memberikan pembekalan agar mampu berkarir, ulet dan giat dalam berkompetensi, mampu beradaptasi dilingkungan kerja dan dapat mengembangkan sikap propesional sesuai kompetensi yang dimilikinya. 
  3. Membekali peserta didik dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan wawasan entreuprener agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melanjutkan pada jenjang pendidikan lebih tinggi. 
  4. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten di bidang : Fashion Drawing (Menggambar Busana), Pattern making (Membuat Pola), Pembuatan busana, baik pria, wanita, dewasa, dan anak-anak danPembuatan Hiasan pada busana (Embroidery).

Kompetensi yang diajarkan

  • Dasar program keahlian Tata Busana :
  1. Pengetahuan tekstil.
  2. Dasar busana.
  3. Dasar pola.
  4. Dasar Teknologi menjahit.
  • Kompetensi keahlian yang diajarkan  :
  1. Pembuatan Pola.
  2. Pembuatan busana custom made.
  3. Pembuatan busana industri.
  4. Pengembangan produk kreatif.

Lingkup Pekerjaan

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Program Keahlian Tata Busana Butik antara lain :

  1. Customer-Made (Modiste/attelier, butik, tailor-made, dress-making)
  2. Penjahit
  3. Tukang potong
  4. Pembuat pola
  5. Pekerja pada bagian finishing
  6. Penghias busana
  7. Pembuat pelengkap Busana

Garment/Konveksi Operator/Pembantu operator pada bagian :

  1. Triming
  2. Preparing
  3. Ticketing & bundelling
  4. Cutting
  5. Sewing (penjahit)
  6. Finishing
  7. Packing & labelling
  8. Pembuatan sampel Pressing.

Profil Lulusan Tata Busana

Profil lulusan kompetensi keahlian tata busana ke diharapkan Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang unggul agar siap dan mampu bersaing sebagai operator yunior yang kompeten di bidang:

  1. Mengukur, membuat pola, menjahit dan menyelesaikan busana;
  2. Memilih bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat;
  3. Menggambar macam – macam busana sesuai kesempatan;
  4. Menghias busana sesuai desain;
  5. Mengelola usaha di bidang busana.
Bagikan artikel ini:
RR. HERLINA WULANSARI, S.Pd., M.M

- Kepala Sekolah -

Syukur Alhamdulillah website SMK Negeri 2 Kraksaan semakin berkembang khususnya sebagai jembatan komunikasi antara manajemen sekolah dengan guru, peserta didik,…

Berlangganan