You need to enable javaScript to run this app.

Rekayasa Perangkat Lunak

  • Rabu, 17 Maret 2021
  • Administrator
  • 0 komentar

Semakin berkembangnya teknologi informasi, dibutuhkan lulusan yang dapat mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu SMK Negeri 2 Kraksaan membuka jurusan RPL sejak tahun ajaran 2005/2006 untuk memenuhi kebutuhan tenaga software engineer muda di Indonesia. Program studi Computer program Designing (Rekayasa Perangkat Lunak) memberikan pengetahuan tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh, dan mudah digunakan. Para siswa akan mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur information yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis desktop, web dan versatile (perangkat bergerak).

 

Peningkatan sistem komputer dan banyaknya informasi menyebabkan diperlukannya ketersediaan perangkat lunak yang tangguh dalam mengintegrasikan keduanya. Selain itu, start-up dalam bisnis computerized semakin bertumbuh dan berkembang yang menyebabkan terciptanya beragam demonstrate bisnis advanced baru. Hal ini menyebabkan ide inovasi bisnis computerized serta teknologi membutuhkan Program Build yang kreatif dan inovatif. Tingginya peranan Program dan Computer program Design telah dibuktikan dalam penciptaan peluang bisnis baru and juga lapangan kerja sebagai Program Build yang terbuka lebar. 

 

Tujuan Program Keahlian

Tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah:

Secara umum mengacu pada isi   Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan  bahwa  pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar lebih kompeten dalam:

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik.
  2. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
  3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni.
  4. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
  5. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dengan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yang meliputi:
  • Mata Pelajaran Pemrograman Dasar
  • Pemodelan Perangkat Lunak
  • Basis Data
  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Pemrograman Web
  • Pemrograman Perangkat Bergerak
  • Pemrograman Desktop
  • Pemrograman Multimedia dan Game
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  • Project Pengembangan Perangkat Lunak
  • Augmented Reality

 

PELUANG KERJA /PROFESI / BIDANG PEKERJAAN

  • Menginstalasi Perangkat Komputer Personal dan Menginstal Sistem Operasi dan Aplikasi
  • Mengerti tentang Konsep Algoritma Pemrograman dan Konsep Perangkat Lunak
  • Merancang Sistem Informasi / Business Process untuk membangun suatu Software / Aplikasi
  • Membangun Software Aplikasi Databases Berbasis Desktop, Web dan Mobile (Programmer)
  • Front End Developer
  • Back End Developer
  • Full Stack Developer
  • Game Developer
  • Game Tester
  • Programmer Junior
  • Internet Marketer
  • SEO Specialist
  • Implementator
  • Technical Support
  • Documenter Application
  • Staff IT
  • Wirausaha dibidang Software Development / IT
Bagikan artikel ini:
RR. HERLINA WULANSARI, S.Pd., M.M

- Kepala Sekolah -

Syukur Alhamdulillah website SMK Negeri 2 Kraksaan semakin berkembang khususnya sebagai jembatan komunikasi antara manajemen sekolah dengan guru, peserta didik,…

Berlangganan